Sebuah tempat menarikan aksara. Blog link

Table of Content

Pulau Muna, Keindahan Tersembunyi di Bumi Haluoleo

Sunset di Pulau Muna

Source : Dok. Pribadi

Teman : Mba, Sulawesi Tenggara itu di mana ya?

Aku     : Tau Wakatobi gak?

Teman : Oh, Tau. Dekat situ ya?

Hmmm... ternyata Sulawesi Tenggara senasib sepenanggungan dengan Indonesia di dunia internasional saat disandingkan dengan nama Pulau Bali. Seringkali orang-orang di luar negeri lebih mengenal Bali dibanding Indonesia. Padahal Bali hanya salah satu pulau diantara beribu pulau di Indonesia.

Sebelas dua belas dengan Wakatobi yang hanya merupakan satu diantara 15 kabupaten di Sulawesi Tenggara.  Masing-masing kabupaten memiliki keunikannya masing-masing. Dan pada tulisan kali ini saya ingin membahas tentang Pulau Muna dan empat alasan mengapa pula ini layak menjadi pilihan sebagai destinasi lanjutan setelah menikmati keindahan Wakatobi.


Peta Provinsi Sulawesi Tenggara

Source : tataruang.id

#MaiTeWuna menjadi ajakan yang digemakan oleh pemerintah Kabupaten Muna beberapa tahun belakangan ini. Kalimat yang dalam bahasa Indonesia berarti Mari ke Muna adalah ajakan agar orang-ornag bertandang ke daerah ini. Tentu setiap orang harus punya alasan yang memadai untuk memutuskan berkunjung ke suati destinasi pilihan.

Buat kamu yang sedang atau akan berkunjung ke Wakatobi, jangan dulu buru-buru meninggalkan negeri Haluoleo ini. Mampirlah sehari atau dua hari ke Pulau Muna. Dijamin traveling kamu akan semakin berkesan. Biar lebih yakin lagi, simak empat alasan yang akan saya beberkan. Empat alasan tersebut disingkat dengan MUNA. Apa saja empat hal tersebut? Let’s scrool!.

1.      Mudah Dijangkau

2.      Unik Destinasinya

3.      Nikmat Kulinernya

4.      Asri Alamnya

Ok, kita bahas poin pertama. 

Mudah Dijangkau

            Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa digunakan jika hendak berkunjung ke Pulau Muna. Via udara bisa langsung menuju Bandar Udara Sugimanuru yang terletak di Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat. Namun, pilihan ini kurang disarankan buat para pelancong dengan budget minimalis. Tiketnya lumayan mahal.

            Jika ingin lebih murah, bisa ke Bandara Haluoleo terlebih dahulu. Bandara ini masuk dalam area Kabupaten Konawe Selatan yang jaraknya hanya sekitar 20 km dari Kota Kendari –ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara-. Dari Kendari dilanjutkan dengan kapal laut menuju Kabupaten Muna.

            Pilihan untuk menggunakan kapal laut tidak hanya dari Kota Kendari tetapi juga bisa dari Kota Bau-Bau, Kabupaten Buton. Jadwal kapal laut yang tersedia diantaranya pagi, siang, dan malam. Info lebih detail tentang sarana transportasi menuju Pulau Muna, insya Allah akan dibuat dalam tulisan tersendiri.

Lanjut ke poin kedua. 

Unik Destinasinya

            Sebagaimana daerah lain di Indonesia yang menyimpan aneka daya tarik wisata, Pulau Muna juga tak kalah memukau. Hampir semua jenis wisata bisa ditemukan di pulau ini. Sebut saja wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, wisata budaya, juga wisata kuliner.

            Dari segi wisata alam, Sobat Waode bisa memilih untuk menikmati pantai dan pulau seperti Pantai Meleura, Pantai Walengkabola, Pantai Morano, Pulau Towea, Pulau Bakealu dan masih banyak lagi. Ada pula danau-danau dengan keindahan yang mengagumkan seperti Danau Napabale, Danau Moko, Danau Randano Ghaghe. Selain itu Pulau Muna juga menyiman pesona aneka permandian seperti Permandian Wakumoro, Fotuno Sangia, dan masih banyak lagi.


Pulau Bakealu
Source : Dok. Pribadi

            Oh ya, Pulau Muna juga memiliki keunikan tersendiri yang menggelitik peneliti Prancis untuk menelitinya. Mereka meneliti bentang alam Pulau Muna yang tersusun dari batuan karst.  Hasilnya sungguh menkajubkan. Muna memiliki wisata bawah tanah dengaan spesies-spesiesnya yang unik. Nah, bagi kalian penggila petualangan yang menantang adrenalin, Pulau Muna bisa jadi destinasi yang patut dikunjungi.

            Pesona wisata sejarah juga bisa ditemukan di pulau ini. Pulau Muna menyimpan beberapa situs sejarah yang sayangnya sebagian belum terata dengan baik. Sebut saja Masjid Muna, Gua Prasejarah Liangkobori, Benteng di Gunung Kamonsope, Sangia Pure-Pure, Benteng Wasidakari. Nah bagi kamu yang tertarik dalam bidang penelitian sejarah, Muna bisa jadi pilihan tepat.  

Poin ketiga, 

Nikmat Kulinernya

            Setiap lekuk bumi nusantara menyimpan sajian khas masing-masing. Cita rasa kuliner di Pulau Muna juga mampu menghipnotis penyicipnya. Ketika berkunjung ke Pulau Muna, jangan lupa nikmati ayam kaparende, lapa-lapa, katumbu gola, tunuha, dan berbagai kuliner tradisionalnya. Dijamin rasanya akan selalu terkenang. Sebagai oleh-oleh, jambu mete Muna sangat disarankan. FYI, jambu mete asal Pulau Muna masuk dalam jejeran mete terbaik dunia.

Terakhir, poin keempat. 

Asri Alamnya

            Sobat Waode yang sehari-hari hidup berdampingan dengan hutan beton, bisa memilih Pulau Muna untuk menghirup aroma alam. Disini masih banyak terdapat hutan-hutan nan asri, juga pulau-pulau yang bisa digunakan untuk menyepi dari riuhnya kehidupan kota. Para pengunjung juga bisa menikmati kuliner langusng dari alam. Misalnya jagung dan ubi yang dipanen dan langsung dibakar atau dibuat aneka olahan lain khas Muna. Juga merasakan petualangan memancing aneka seafood.

Asrinya Alam Pulau Muna
Source : Dok. Pribadi


Posting Komentar